INILAH CARANYA AGAR ANDA TETAP FOKUS PADA TUJUAN ANDA

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bruce Lee mengatakan, "Saya lebih takut kepada orang yang melatih satu jurus seribu kali, daripada orang yang melatih seribu jurus satu kali".
Dari quote itu sudah kelihatan, kalau sesuatu yang kita lakukan secara fokus dan secara konsisten? Maka sesuatu tersebut akan menjadi sebuah hal yang dapat membuat hidup kita bisa berubah.
Banyak sekali orang-orang cerdas, orang-orang pintar bahkan di indonesia pun ada banyak orang-orang cerdas dan pintar, Pendidikan mereka tinggi. Belajar berbagai macam hal apapun mereka bisa. Tapi kenapa mereka belum meraih impiannya sampai sekarang? Jawabannya adalah karena dengan mereka merasa bisa melakukan semua hal, akhirnya semua mereka kerjakan. Pada saat semua mereka kerjakan akhirnya tidak ada yang maksimal. Apa yang mereka lupa? "FOKUS". Ya,.Fokus. Fokus ini sangat penting bagi kita dalam meraih impian.

Jika kita punya impian besar,.! Tapi kalau kita tidak fokus,.? Maka kita tidak jadi apa-apa. 
Kita punya modal yang besar, tapi kalau kita tidak fokus,.? Kita tidak menghasilkan apa-apa. 
Kita pintar, kita cerdas, tapi kalau kita tidak fokus,.? Kita akan jalan disitu-situ saja.

Lalu, Bagaimana caranya supaya kita bisa menjaga supaya kita tetap fokus,.? Ada 4 cara, yakni:




Cara pertama ialah jangan suka bandingkan diri kita dengan orang lain. Apalagi sekarang, dengan media sosial yang semua orang bisa akses. Media sosial menurut beberapa penelitian, itu justru bisa bikin strees atau bisa memperdalam rasa iri orang terhadap orang lain.
Gara-gara media sosial kita sering mengutuk diri sendiri dan memuja orang lain.
Gara-gara media sosial kita mengutuk istri sendiri dan memuji istri orang lain.
Gara-gara media sosial kita melihat kayaknya suami orang ini lebih bagus daripada suami sendiri.
Padahal satu postingan di media sosial, itu tidak bisa dibandingkan dengan 24 jam mu. Kita tidak mulai dari situasi yang sama. Kita tidak mulai dari satu titik yang sama.

Ada orang yang sudah memulai dengan dia punya modal yang besar. Akhirnya, waktu dia bikin usaha atau bisnis, dia gampang sekali untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan anda, kuota internet saja tidak punya, terus anda mau bandingkan dengan dia..? Sungguh tidak adil.
Ada orang yang bapaknya memang sudah kaya dari dulu, ada orang yang bapaknya biasa-biasa saja, terus kita mau bandingkan? "Tidak masuk akal,.."Tidak masuk akal,".

Syarat utama kalau anda mau fokus,. yang pertama adalah, "Jangan sering bandingkan diri anda dengan orang lain, terutama di media sosial. Lalu, apa yang harus kita bandingkan di media sosial. Anda bandingkan proses orang itu dengan proses Anda. Itu yang bisa dijadikan acuan agar kita bisa semangat.
Melihat media sosial orang lain yang sudah sukses, itu boleh-boleh saja. Tapi kita jangan sampai minder. Tertantang, Boleh. Tapi tidak boleh terintimidasi.

Yang kedua adalah Anda harus melakukan hal yang tepat setiap saat.
Ada sebuah cerita menarik , "Ada seorang anak muda mempunyai mobil. Lalu kunci mobilnya hilang. Dia carilah dihalaman rumah. Dia cari dihalaman rumah 1 jam, 2 jam dicari tidak ketemu. Lalu, ada orang yang lihat. Orang itu bertanya pada anak muda itu, "Lagi cari apa anak muda"? "Lagi cari kunci mobil". Sahut anak muda itu. Memangnya kunci itu hilangnya dimana? Anak muda itu jawab, "Hilangnya didalam rumah. Kagetlah orang itu. Terus dia berkata, "Loh, kok carinya diluar rumah".? Anak muda itu jawab,. "Iya soalnya didalam rumah gelap, diluar terang".

Maksudnya banyak orang sudah bekerja tapi bekerjanya itu menangkap angin mengejar bayangan. Dia tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Kelihatan bekerja, kelihatan sibuk tapi tidak fokus. Yang harusnya dia jalan ke utara, dia bekerja keras, dia jalan terus, akhirnya dia sampai ke selatan. Dia tidak fokus pada satu jalan yang ditempuh.

Menurut buku Outliers karangan Malcolm Gladwell ada hukum sepuluh ribu jam. Hukum sepuluh ribu jam itu, yang akan membuat anda menjadi ahli. Orang kalau sudah jadi ahli, dia akan dibayar mahal. Kenapa dia bisa jadi ahli? Karena adanya hukum sepuluh ribu jam tadi. Kalau kita melakukan sesuatu secara terus merus, maka kita akan jadi ahli. Nah pertanyaannya adalah dalam satu hari itu, berapa kali anda melakukan hal untuk impian anda itu. Anda harus fokus pada satu bidang, dan anda bisa jadi ahli.
Nah, kalau anda hanya punya impian saja tapi anda tidak fokus untuk mengerjakan itu, sama aja seperti pemuda tadi yang mencari kunci tapi pengen mudanya dia cari di tempat terang. Padahal kunci itu hilang didalam rumah. Dia tidak mau untuk keluar dari comfort zonenya untuk supaya gelap-gelapan cari kunci. Padahal disitulah kuncinya. Tapi kenapa harus dia cari diluar,. karena dia menganggap diluar rumah terang. Jadi, lakukanlah hal yang tepat setiap saat.

Yang ketiga bertanggungjawablah terhadap apa yang sudah kamu rencanakan atau impikan. "Great power come from the great responsibility". Kekuatan yang besar lahir dari tanggungjawab yang besar.
Setelah kamu memutuskan untuk "Bismillah" Saya akan mencapai impian-impian saya menjadi seorang musisi ternama, maka Fokus disitu. Bertanggungjawablah dengan itu. Tidak perlu lagi orang kasih tahu. Kalau anda punya impian besar tapi memilih untuk menjadi pemalas, maka itu adalah cara yang indah untuk menjadi gila. "Gila anda, Pak". Anda masih malas, sholatmu nggak bagus, sedekahmu kurang. Jadi tidak ada tanggungjawab terhadap apa yang kamu impikan. Secara hablumminanasnya anda tidak kuat, hablumminallahnya juga tidak kuat. Padahal kalau dua-dua ini kuat, itu adalah bentuk tanggungjawab. Sekali lagi, "Great power come from the great responsibility", Kekuatan yang besar lahir dari tanggungjawab yang besar.

Yang keempat Jangan mudah tertipu dengan peluang. Yang namanya peluang, yang namanya proposal usaha di awal pasti indah, diawal pasti bagus. Anda ditawarin ini dan itu,. Lalu apa kata dia,.."Oh ini pasti menguntungkan, pasti menguntungkan. Padahal ekspektasi pasti tidak sesuai dengan realita. Sesungguhnya tidak ada jalan pintas untuk menuju sukses. Ada yang bilang "Oh ini selama dua bulan, tiga bulan anda akan bisa begini, ini hhhmmm... Nonsen dengan seperti itu,. Semua butuh kerja keras. Semua butuh pengorbanan. Jadi jangan tertipu. Contoh misalnya anda ingin punya sumur dan anda gali tanah untuk mendapatkan mata air. Tetangga-tetangga anda juga ikut menggali mata air di tempat-tempat yang berbeda-beda. Kira-kira satu meter, dua meter anda gali, tiba-tiba anda dengar dari sana tetangga anda bilang "Saya sudah dapat mata air". Lalu Anda berpikir seperti ini, "Ahh, kayaknya disana lebih banyak mata airnya". Akhirnya, yang sudah di gali anda tinggalkan, anda pindah kesana. Anda gali lagi dari awal lubang yang baru disana. Setelah anda gali lubang baru, anda lihat disudut sana ada lagi tetangga anda yang teriak dapat mata air, anda pindah lagi kesana. Anda "Tidak fokus". Padahal kalau anda fokus, mau ada batu, singkirkan batunya,.. Fokus disitu terus. Siapa tahu air itu hanya tinggal setengah meter. atau tinggal sekali di cangkul. Cuma karena anda tergoda melihat peluang orang lain, akhirnya anda berpikir "Ohh kayaknya bidang ini yang cocok, Ohh kayaknya bidang ini yang tidak cocok. Bukan masalah bidangnya yang cocok,. tapi orangnya yang cocok atau tidak. Bukan dimana ladangnya, tapi siapa petaninya.

Itu tadi keempat bagaimana caranya supaya bisa tetap fokus. Semoga ini bisa membuat anda mampu menentukan suatu pilihan dan fokus satu pilihan itu dan menjadi ahli dalam bidang tersebut.
Terima kasih,. sukses buat kita semuanya,..
Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

No comments:

Post a Comment